Laman


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 27 Maret 2012

Tugas TIK AKU

Halaman 1 Open Office Calc (Lembar Kerja) Tutorial
Pengenalan
OpenOffice adalah Kantor open source Suite paket awalnya dirancang oleh Sun
Microsystems. OpenOffice adalah seperti Microsoft Office tetapi bebas untuk digunakan. Itu
perangkat lunak dapat didownload secara bebas dan digunakan.
OpenOffice Calc adalah seperti menggunakan Microsoft Excel.
Apakah Spreadsheet?
Sebuah spreadsheet adalah setara komputer dari lembaran buku besar kertas. Ini terdiri dari
kotak terbuat dari kolom dan baris. Ini adalah sebuah lingkungan yang dapat membuat nomor
manipulasi mudah dan agak menyakitkan.
Matematika yang terjadi di balik layar pada buku besar kertas dapat
luar biasa. Jika Anda mengubah jumlah pinjaman, Anda harus mulai matematika semua
lagi (dari awal). Yang menyenangkan tentang menggunakan komputer dan spreadsheet
adalah bahwa Anda dapat melakukan percobaan dengan nomor tanpa harus mengulang semua
perhitungan. Mari KOMPUTER melakukan perhitungan untuk Anda! Setelah Anda memiliki
rumus diatur, Anda dapat mengubah variabel yang dipanggil dari rumus
dan menonton perubahan jawaban. Spreadsheet akan segera diperbarui jika salah satu
entri berubah. Penghapus TIDAK! NO formula baru! Kalkulator TIDAK!
Spreadsheet terdiri dari kolom, baris, dan sel (perpotongan kolom
dan baris. Sebuah sel dapat berisi data termasuk teks (string atau label), data numerik,
dan formula (persamaan matematika).
Mulai OpenOffice Calc
Prosedur
1. Klik Start, Program, OpenOffice.org 1.0.3, OpenOffice Calc.
4
OpenOffice Calc (Spreadsheet) Dasar-Dasar
Gambar di bawah menunjukkan layar Calc.
Status Bar
Menu Bar
Fungsi Toolbar
Perhitungan toolbar
Kolom
Baris
Instrumen
Toolbar
Sel
Obyek Toolbar
Baris Judul
Lembar kerja (tab Sheet)
Aktif your
5
Toolbar menu berisi menu utama dari modul Calc. Fungsi
toolbar menyediakan akses pengguna ke ikon fungsi seperti Open, Save, Copy, Cut,
Tempel dan lain umum tugas dalam Open Office. Toolbar Obyek terdiri dari
set alat yang khusus untuk perhitungan dan format sel (format angka, teks
keselarasan, perbatasan). Akhirnya, toolbar Perhitungan ini dimaksudkan untuk masuknya
rumus yang diperlukan untuk perhitungan Anda, dan juga berisi posisi dari
kursor dalam spreadsheet.
Pada bagian kiri dari layar, Anda akan melihat toolbar Instrumen (ditampilkan di sini
di sebelah kanan). Toolbar ini menyediakan alat yang Anda perlu untuk bekerja dengan
spreadsheet Anda. Fungsi dasar dari toolbar dijelaskan dalam
`How-to '. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat Status Bar. Ini
bar menyediakan informasi penting seperti lembaran yang saat ini Anda
kerjakan, gaya halaman, dan dalam modus normal, jumlah dari sel di mana
kursor berada.
Anda juga akan melihat bahwa folder yang baru saja dibuka berisi tiga
lembar kerja secara default, ditunjukkan oleh adanya tiga tab kecil di atas
Bar Status dan menyandang nama: Sheet1, Sheet2, Sheet3.
Lembar kerja ini direpresentasikan sebagai grid yang terdiri dari sel, dengan setiap sel
bantalan referensi unik. Sebuah sel direferensikan oleh kolomnya (vertikal
referensi), diberikan di sini sebagai surat (misalnya A. .. Z dll), dan lini (horisontal
referensi), diberikan di sini sebagai angka (misalnya 1 ... 65000 dll). Referensi ini
muncul sebagai kolom abu-abu dan header baris pada spreadsheet. Jadi, yang pertama
sel di baris pertama (yang di sudut paling atas tangan kiri) menanggung
referensi A1.
Membuat Dokumen Baru
Prosedur
1. Jenis CTRL + N pada keyboard anda (tahan tombol CTRL dan tipe N).
2. Pilih File, New, Spreadsheet dari Menu Bar ATAU
3. Klik pada Icon New Document
pada Function Bar dan pilih
Spreadsheet.
Memasukkan Data
Prosedur
Untuk memasukkan teks, nilai-nilai atau rumus:
1. Klik pada sel yang ingin Anda memasukkan informasi.
2. Ketik informasi.
3. Tekan tombol ENTER pada keyboard atau tekan salah satu tombol panah.
6
Memilih (Menyoroti) Cell (s)
Untuk Pilih Satu your
Prosedur
1. Klik dalam sel. (Sel aktif sudah dipilih.)
Memilih Kisaran Sel (misalnya A1: G5)
Prosedur
1. Pada sel pertama dari kisaran (misalnya A1), klik dan tahan tombol kiri mouse
sambil menyeret mouse ke sel terakhir dari rentang (e / g. G5).
2. Semua sel akan berubah menjadi hitam kecuali sel pertama akan tetap putih.
Memilih Kolom atau Baris
Prosedur
1. Klik pada kolom atau baris judul dalam abu-abu.
Menghapus Cell (s)
Prosedur
1. Pilih sel (s) yang ingin Anda hapus.
2. Tekan DELETE pada keyboard. Jendela berikut akan
muncul.
3. Centang kotak dari apa yang ingin Anda hapus (Format memeriksa misalnya akan
menghapus hal-hal seperti huruf tebal, huruf miring, warna font, perbatasan).
4. Klik tombol OK.
Membuka dan Menyimpan File
Pembukaan, tabungan, dan pencetakan file adalah tindakan yang paling umum dalam kata
prosesor, dan karena itu, mereka harus sangat mudah dan mudah diakses.
7
Membuka File
Prosedur
1. Pilih menu File, Open dari Menu Bar, ATAU
2. Klik ikon Open File
pada toolbar.
3. Sebuah kotak dialog Open File akan muncul seperti gambar dibawah. Dari drop
down (ditunjukkan oleh panah) ditunjukkan di bawah, pilih direktori yang
berisi file yang ingin Anda buka.
4. Ketika daftar file muncul, klik dua kali pada nama file untuk membuka file.
Menyimpan File
Prosedur
1. Pilih File, Save dari Menu Bar, ATAU
2. Klik ikon Simpan
pada Function Bar.
3. Jika Anda menyimpannya untuk kali pertama, Simpan File Jendela Dialog akan
ditampilkan.
4. Ketik nama file dan memilih lokasi untuk menyimpan file.
5. Jika Anda ingin menyimpan file sebagai format file Microsoft Excel, mengubah
Simpan sebagai jenis ke Microsoft Excel 97/2000/XP.
8
6. Klik tombol Simpan.
Cut, Copy, Paste
Anda dapat melakukan empat tindakan utama pada teks yang dipilih: menyalin, memotong, menghapus,
dan format.
Cut dan Paste
Hal ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan teks yang dipilih sehingga dapat ditempatkan di suatu tempat
lain dalam dokumen atau dalam dokumen lain.
Prosedur
1. Pilih sel (s) yang mengandung informasi yang Anda ingin memotong (bergerak).
2. Klik Potong
tombol pada toolbar atau CTRL + X pada keyboard.
3. Klik di sel di mana Anda ingin menempelkan informasi.
4. Klik Paste
tombol pada toolbar atau CTRL + V pada keyboard.
Copy dan Paste
Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat duplikat (copy) dari teks yang dipilih untuk ditempatkan
tempat lain dalam dokumen atau dalam dokumen lain.
Prosedur
1. Pilih sel (s) Anda ingin memotong (bergerak).
2. Klik Copy
tombol pada toolbar atau CTRL + C pada keyboard.
3. Tempatkan kursor di mana menempatkan sel dipotong (s).
9
4. Klik Paste
tombol pada toolbar atau CTRL + V pada keyboard.
Format Teks
Tindakan format di Open Office sedikit berbeda dengan Office lainnya
aplikasi seperti Microsoft Office. Ada dua cara untuk memformat teks dalam Terbuka
Kantor Writer.
Prosedur
1. Gunakan tombol disediakan dari Toolbar atau Menu Format.
Mengubah Ukuran Font / Font
Font adalah gaya penulisan dan ukuran font adalah ukuran teks dengan ukuran 12-point
menjadi 1/6 inci.
Prosedur
1. Pilih sel (s) yang ingin Anda ubah.
2. Pada toolbar, klik
pertama panah drop-down untuk
mengubah font dan drop-down kedua panah untuk mengubah ukuran font.
Tebal, Miring, Garis bawah
Prosedur
1. Pilih sel (s) yang ingin Anda format.
2. Klik pada ikon atribut Anda ingin menerapkan seperti
pada
Toolbar. Tombol-tombol ini mengubah teks yang dipilih (secara berurutan dari kiri
ke kanan) ke dalam Bold, Miring, dan bergaris bawah.
3. Dengan sel (s) masih dipilih, klik tombol lagi untuk mengaktifkan fitur off.
Catatan: opsi format lebih lanjut dapat diakses dengan memilih menu Format,
Sel.
Your Alignment
Prosedur
1. Pilih sel yang ingin Anda ubah.
2. Klik pada salah satu ikon keselarasan
pada toolbar fungsi
untuk mengubah perataan teks (kiri, tengah, kanan, atau dibenarkan).
10
Font Color
Prosedur
1. Pilih sel (s) yang ingin Anda ubah.
2. Klik tombol warna font
pada toolbar dan memilih warna Anda
pilihan.
Latar Belakang (penyorotan) Warna
Prosedur
1. Pilih sel (s) yang ingin Anda ubah.
2. Klik tombol warna latar belakang
pada toolbar dan memilih warna
pilihan Anda.
Undo / Redo Tombol
Jika Anda melakukan suatu tindakan yang tidak memberikan hasil yang diinginkan, Anda dapat menggunakan
Undo tombol
untuk membalikkan tindakan terakhir. Demikian juga, tombol Redo
bisa
digunakan untuk Redo tindakan yang telah dibatalkan.
Ejaan / Grammar Centang
Hanya ada spell check tersedia di Open Office. Kata-kata dieja salah
akan digarisbawahi warna merah jika mantra memeriksa tombol aktivasi diaktifkan.
Prosedur
1. Untuk mengaktifkan mantra memeriksa on / off saat Anda mengetik, klik
tombol pada
toolbar.
2. Jika Anda ingin periksa ejaan seluruh dokumen untuk membuat
koreksi, klik
tombol pada toolbar.
Header / Footers
Sebuah header / footer adalah sepotong informasi yang Anda ingin telah muncul di bagian atas
(Header) atau bawah (footer) dari setiap halaman seperti nomor halaman.
Menambahkan Header / Footers
Header adalah ruang di bagian atas halaman disediakan untuk hal-hal seperti halaman
angka. Footer adalah tempat yang disediakan di bagian bawah halaman.
Prosedur
1. Dari toolbar menu, pilih Format, Hal.
2. Klik pada Footer tab.
3. Pada jendela yang muncul, klik pada kotak centang yang mengatakan pada Footer.
11
4. Tombol Lebih memungkinkan Anda untuk menambahkan perbatasan atau latar belakang untuk footer.
5. Klik tombol Edit.
Jendela berikut akan muncul.
6. Klik di daerah Anda ingin menempatkan informasi (masing-masing wilayah sesuai dengan
bidang halaman Anda).
7. Gunakan tombol untuk menambahkan informasi (misalnya nomor halaman). Sebagai contoh,
klik pada ikon Halaman
, Anda akan melihat nomor halaman ditulis ke dalam
dipilih jendela atau ketik informasi Anda sendiri.
8. Klik OK untuk kembali ke jendela Gaya Halaman.
9. Klik OK untuk menutup jendela ini.
Menghapus header / footer
Prosedur
1. Klik menu Format, Klik Halaman ...
2. Klik tab Header atau Footer.
3. Hapus centang kotak centang Header atau Footer.
4. Klik Ya untuk menghapus teks di header atau footer.
Menambahkan Gambar
Ikuti langkah-langkah jika Anda ingin menambahkan gambar yang disimpan dalam file.
Prosedur
1. Tempatkan kursor di mana Anda ingin menempatkan gambar.
2. Klik menu Insert, Klik Graphics, Klik From File (seperti yang ditunjukkan di bawah)
12
3. Pilih lokasi di mana file tersebut telah disimpan.
4. Klik ganda nama file untuk memasukkan ke dalam dokumen.
Catatan: Gunakan toolbar berikut untuk mengubah atribut gambar.
Membuat Rumus / Perhitungan
Sebagaimana disebutkan di atas, kotak yang anda temui dengan grid disebut sel.
Anda dapat memasukkan teks, angka atau formula dalam sel. Tentu saja, seluruh
Tujuan dari aplikasi spreadsheet adalah untuk dapat melakukan perhitungan dalam
sel-sel ini. Perhitungan dapat hanya menambahkan dua nomor atau mengambil
rata-rata sepuluh angka.
Catatan: Sebuah tombol klik kanan mouse pada kotak di mana Sum ditulis akan memberikan
akses ke menu konteks-sensitif yang mengusulkan pilihan lain, seperti mean,
maksimum, minimum ...
Formula Dasar
• Sama seperti di Microsoft Excel, formula dimulai dengan tanda (=) SAMA.
(Misalnya = b3 + b4)
• Gunakan referensi sel (misalnya b3) bukan nilai yang sebenarnya (misalnya 56) di mana pun
mungkin.
• Gunakan FUNGSI (misalnya SUM, AVERAGE) untuk menghemat waktu saat membuat
formula.
misalnya
= SUM (A1: A9)
Daripada = A1 + A2 + A3 + A4 + A5 + A6 + A7 + + A8 A9
13
Dengan mengetik usus besar [:] antara referensi sel, Anda telah memberitahu
perangkat lunak yang Anda ingin menjumlahkan nilai dalam kisaran sel dari A1
untuk A9. Rentang ini ditunjukkan pada layar dengan batas merah. Dengan mengetik
"= Sum ()", Anda mengatakan perangkat lunak jenis operasi matematika
bahwa Anda ingin melakukan pada sel direferensikan yang antara
kurung.
Anda juga dapat memilih rentang yang akan ditambahkan bersama-sama menggunakan mouse. Setelah
setelah mengetik "= sum ()" ke dalam sel target, klik pada sel pertama dan sementara memegang
tombol mouse ke bawah, tarik mouse ke sel terakhir dari jangkauan, dan kemudian membiarkan
pergi dari tombol mouse, dan Anda akan melihat akhir dari formula dimasukkan ke dalam
secara otomatis ke Formula bar.
Catatan: Jika nomor yang ditampilkan terlalu besar untuk ditampilkan sepenuhnya dalam
sel, maka akan diganti oleh serangkaian simbol datar musik (# # #). Untuk menyesuaikan
ukuran sel, yang harus Anda lakukan adalah klik pada pemisah kolom sebelah kanan
dari setiap kolom yang diberikan dan tarik ke sebelah kanan separator (memperluas) atau ke kiri
(Untuk mempersempit). Fungsi yang sama dapat dicapai melalui perintah Format -
Kolom - lebar Optimal.
Your Referensi
Adalah penting untuk memahami dasar-dasar referensi ketika Anda ingin melakukan
perhitungan pada sel yang berisi formula.
Sebuah referensi relatif adalah berbagai referensi yang disesuaikan ketika rumus
dipindahkan:
misalnya Jika Anda menyalin formula "= sum (A1: A9)" untuk kolom B, itu akan menjadi
"= Sum (B1: B9)"
Referensi mutlak digunakan ketika perhitungan harus merujuk ke tepat atau
mutlak sel spreadsheet. Ini ditulis dengan menggunakan tanda-tanda dolar ($) di sekitar
sel referensi. Misalnya, mengetik $ A $ 1 akan membuat kolom A dan baris 1 mutlak
atau tetap.
misalnya Jika Anda menyalin rumus "= $ B $ 3 * B8" dari sel ke sel C8 C9, rumus
akan membaca "= $ B $ 3 * B9. Perhatikan bagian pertama dari rumus (= $ B $ 3) tidak
berubah ketika disalin. Contoh yang baik dari saat Anda mungkin menggunakan sel absolut
referensi adalah ketika Anda menghitung pajak atas item. Pajak (7%) tidak akan
berubah. Setiap item akan dikalikan dengan jumlah pajak yang sama.
14
Format Cell (s)
Teks Alignment
Gunakan tombol ini
ditemukan pada toolbar untuk mengubah alignment sel
isinya.
Menggabungkan Sel
Kadang-kadang Anda mungkin ingin ke pusat judul antara banyak kolom.
Prosedur
1. Pilih semua sel di mana judul itu harus berpusat antara.
2. Pada toolbar menu, pilih Format, Merge Cells, Menentukan.
3. Sel-sel yang sekarang bergabung menjadi satu sel besar. Klik tombol Tengah
pada toolbar untuk pusat teks dalam sel ini.
4. Klik tombol OK.
Lain Format Petunjuk
Jendela 'Atribut your' (klik Format, Cells) di bawah ini mencakup tab lainnya untuk
sel format (misalnya Font, Efek Font, Alignment, dll). Toolbar fungsi
juga berisi beberapa fungsi format.
Contoh: Menambahkan Batas
Sebuah perbatasan seperti perbatasan gelap tebal dapat ditambahkan untuk menekankan berbagai
sel.
15
Prosedur
1. Pilih sel yang ingin Anda tambahkan perbatasan.
2. Pilih menu Format, Cells dan klik pada tab disebut `Borders '.
3. Pilih style dan ketebalan perbatasan
ingin Anda gunakan.
Mengganti Nama Lembar
Spreadsheet Anda berisi tiga lembar, Sheet 1, 2, 3. Setiap lembar bisa
diubah namanya.
Prosedur
1. Klik kanan pada nama Sheet (misalnya Lembar 1).
2. Klik Rename.
3. Masukkan nama untuk lembaran Anda dan klik tombol OK; lembaran kemudian akan
menampilkan nama baru dalam tab.
Halaman Pengaturan
Pengaturan halaman memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan yang terkait ke sebuah halaman sebagai seperti itu sebagai
mengubah orientasi halaman (misalnya potret - 8,5 "x 11" atau lanskap-11 "x 8,5"),
menambahkan header / footer, dan margin.
Mengubah Orientasi Halaman
Prosedur
1. Dari toolbar menu, pilih Format, Hal.
2. Klik pada Halaman tab.
3. Pada Orientasi bagian, klik pada tombol radio Landscape.
4. Konfirmasikan dengan OK.
Untuk memverifikasi perubahan orientasi halaman, klik menu File, Preview.
Pengaturan Halaman Option Lain
Pada bagian Margin dari tab Page, Anda mengatur ukuran margin. Jika Anda
mengatur mereka luar area pencetakan, pesan akan memperingatkan Anda.
Pada bagian Tata Letak pengaturan dari tab Page, Page Layout memungkinkan Anda
memilih cara untuk menyelaraskan isi sel di dalam lembaran.
Pada Tab Lembar bawah Skala, Mengurangi / memperbesar pilihan cetakan
memungkinkan Anda untuk mengurangi atau menambah ukuran halaman yang dicetak.
16
Pada Tab Lembar bawah Skala
,
cetakan Fit pada jumlah halaman
pilihan memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah yang tepat dari halaman di mana
spreadsheet akan dicetak. Ukuran lembar akan disesuaikan agar sesuai
bahwa jumlah halaman.
Menggunakan fitur AutoFormat
Ini fitur format kisaran sel dengan warna, perbatasan,, ukuran font font, dll
otomatis daripada Anda harus melakukan satu langkah pada satu waktu.
Prosedur
1. Pilih rentang sel yang ingin Anda memformat.
2. Pilih menu Format, AutoFormat, atau klik tombol AutoFormat
pada toolbar di sebelah kiri layar Anda.
3. Jendela berikut akan muncul.
4. Klik format yang Anda inginkan dari sisi kiri. Anda dapat membuat sendiri
Format (lihat Tambah .... tombol ke kanan) dan menghapusnya saat Anda tidak
ingin lagi. Dengan mengklik pada tombol More, beberapa tambahan
pilihan pemformatan muncul. Jika Anda mengubah mereka, hasilnya akan disajikan
pada gambar pratinjau ditampilkan dalam jendela AutoFormat.
17
5. Klik OK.
Membuat Grafik
Sebuah grafik (misalnya bar chart, pie chart) adalah representasi visual dari data yang terdapat dalam
spreadsheet.
Prosedur
1. Pilih sel yang ingin Anda sertakan dalam tabel.
2. Klik menu Insert, Chart ...
. 3 Langkah 1: Pilih apakah Anda ingin tabel dalam lembar yang sama seperti Anda
data atau lembaran baru.
4. Klik Next.
. 5 Langkah 2: Pilih jenis tabel dari daftar.
6. Klik Next.
. 7 Langkah 3: Pilih grafik sub-jenis (varian) dari daftar.
Pilih seri data dalam baris atau kolom.
8. Klik Next.
9 Langkah 4: Menambahkan judul untuk tabel Anda..
10. Klik tombol Create.
Mencetak File
Ini adalah kebiasaan yang baik untuk memeriksa bagaimana dokumen akan terlihat ketika dicetak, sebelum
pencetakan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Page Preview.
Prosedur
1. Pilih File, Page Preview dari menu bar untuk beralih ke Page
Preview Mode.
2. Klik Page Preview
tombol di Page Preview untuk menutup Preview Page
dan kembali ke dokumen utama.
Anda mungkin ingin mencetak bagian dari spreadsheet Anda, seluruh buku kerja (semua
lembar kerja) atau bahkan hanya satu lembar.
Mencetak Lembar Kerja Daerah Terpilih dari Anda
Prosedur
1. Pilih sel (s) Anda ingin mencetak.
2. Pilih menu File, Print.
3. Pada kotak dialog yang muncul, klik pada kotak Seleksi dalam `Bidang cetak.
4. Klik OK.
18
Mencetak Lembar Kerja Tunggal
Prosedur
1. Klik menu File, Print.
2. Pada kotak dialog yang muncul, di bawah Rentang Cetak klik radio
tombol Pages dan masukkan nomor halaman yang ingin Anda cetak. Jika Anda ingin
untuk mencetak lebih dari satu halaman pada satu halaman waktu seperti 2 dan 3, Anda akan memasuki
2,3.
3. Klik OK.
Mencetak Lembar Beberapa
Prosedur
1. Pilih lembar kerja yang ingin Anda cetak dengan mengklik tab sheet pertama di
bawah halaman, tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard dan
Sorot Sheet yang tersisa ingin Anda cetak.
2. Klik pada ikon pencetakan Cepat di toolbar fungsi.
3. Untuk membatalkan lembar dipilih, tekan terus tombol CTRL dan klik sekali
lebih pada tab lembar.
Sumber: Gautier, Sophie (16 Januari 2002) Dokumentasi OpenOffice.org.
Proyek. Tersedia di http://whiteboard.openoffice.org/doc/index.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar